Blog
image

25 Layanan Belajar Online Terbaik Untuk Upgrade Skill Kamu

Ditulis oleh : myadmin
01 January 1970 Pukul 12:00
Banyak skill atau keterampilan yang sebelumnya jarang di lirik orang, di era digital saat ini justru skill tersebut sangat dibutuhkan, sebagai contoh seperti skill desain 10 tahun yang lalu skill ini belum banyak peminatnya tapi di era digital sekarang kebutuhan visual sudah menjadi hal wajib yang harus ada untuk berbagai keperluan baik yang bersifat pribadi di social media sampai dengan untuk keperluan bisnis dalam menciptakan branding. 

Pola interaksi yang berubah karena perkembangan teknologi juga berdampak dalam system pembelajaran. Pembelajaran online atau online learning saat ini semakin banyak digunakan diseluruh dunia mempelajari berbagai skill pun saat ini tidak harus dengan dating ke tempat kursus dan berdesak desakan.  
Di artikel ini kita akan membahas berbagai platform pembelajaran online yang menyediakan kelas online untuk meningkatkan skill diberbagai bidang, apa saja itu ? 

Jenis Jenis Platform Pembelajaran Online

Ada banyak segmen yang dihadirkan oleh masing masing platform pembelajaran online, tapi secara umum dibagi dalam 2 kategori

Pertama segmen pendidikan  formal, biasanya segmen ini disebut juga LMS (Learning Management System), di segmen ini platform menyediakan kelas online yang berisi pembahasan materi materi pelajaran formal seperti matematika, fisika, biologi, bahasa inggris, bahasa indonesia dan berbagai materi pendukung seperti persiapan ujian nasional sampai bimbingan belajar. 

Kedua segmen non formal atau biasa disebut  Massive Online Open Source (MOOC), paltform berbasis MOOC ini merupakan platform pembelajaran online yang terbuka bagi siapapun, dari kalangan apapun dan semua usia, karena di platform ini mayoritas berisi kelas untuk berbagai skill non formal seperti skill fotografi, editing, marketing dan lain sebagainya. Platform segmen ini juga biasanya menyediakan sertifikat bagi peserta yang mengikuti kelas online dan ada tahap ujian yang harus dilalui untuk memperoleh sertifikat tersebut. 

Secara umum 2 jenis platform inilah yang layanannya terus berkembang, untuk artikel kali ini kita akan membahas platform pembelajaran online berbasis MOOC. 

Sebelum masuk ke pembahasan lebih dulu kita akan bahas alasan kenapa sekarang ini banyak orang lebih memilih untuk menggunakan layanan pembelajaran berbasis online dibandingkan dengan menggunakan layanan berbasis oflfline atau konvensional. 

Alasan Kenapa Memilih Platform Pembelajaran Online 

Pengguna layanan pembelajaran online di Indonesia terus naik setiap tahunnya, industri EduTech juga terus berkembang melahirkan beragam layanan pembelajaran online baru dan banyak inovasi, ini adalah alasan kenapa platform pembelajaran online bisa pilihan media pembelajaran di era digital saat ini.

Waktu Fleksible 
Salah satu alasan utama pengguna mulai beralih ke layanan pembelajaran online daripada offline adalah masalah waktu belajar, platform pembelajaran online menawarkan layanan waktu belajar yang sangat fleksible disesuaikan dengan peserta yang mengikuti kelas, bahkan ada platform yang menawarkan akses kelas 24 jam non stop, tentu iini sangat memudahkan peserta dalam mengatur waktu belajar apalagi jika peserta tersebut sudah memiliki kegiatan utama seperti bekerja atau kuliah.

Bisa Diakses Darimana Saja 
Keuntungan layanan online adalah bisa menembus jarak, hal ini juga jadi keunggulan platform pembelajaran online karena kelas online bisa diakses darimana saja, tidak datang secara offline seperti kursus kursus konvensional yang harus menyempatkan waktu untuk datang ke ruangan pembelajaran. 

Materi Yang Sesuai Skill 
Materi kelas yang beragam memberikan banyak pilihan bagi peserta untuk disesuaikan dengan skill yang ingin mereka kembangkan, ada beberapa platform yang menyediakan jenjang kelas dari level dasar sampai expert tentu ini sangat penting bagi peserta agar bisa mengembangkan skillnya secara maksimal. 

Setelah kita bahas alasan kenapa platform pembelajaran online saat ini semakin diminati, sekarang saatnya kita bahas platform apa saja yang menyediakan layanan pembelajaran online. 

25 Layanan Belajar Online Terbaik Untuk Upgrade Skill Kamu 


Makin Mahir ID 
Yang pertama adalah Makin Mahir ID, sebuah platform pembelajaran online asal Indonesia ini menyajikan berbagai pilihan kelas dari berbagai bidang skill yang mereka beri nama cukup unik seperti Mahir Desain, Mahir Marketing, Mahir Coding, Mahir Bisnis. 
Layanan Makin Mahir ID menyediakan 2 pilhan kelas, ada kelas gratis dan berbayar. Kelas di Makin Mahir ID bisa diakses kapan saja. 

Udemy 
Kedua adalah Udemy sebuah platform belajar online asal Amerika Serikat, layanan ini sudah ada sejak 2009 dan bersifat open source artinnya semua orang bisa menjadi peserta dan juga instruktur di platform tersebut. 
Menyediakan lebih dari 1000 materi dan kebanyakan materi diisi oleh instruktur luar negeri sehingga mereka menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa utamanya. 

Coursera 
Ketiga ada Coursera platform belajar online yang juga berasal dari Amerika Serikat didirikan tahun 2012 salah satu keunggulan Coursera adalah peserta bisa mendapatkan sertifikat atau gelar diakhir mengikuti kelas. 
Hal ini karena mereka bekerjasama dengan institusi dan universitas terkemuka seperti Stanford, Google, Illinois, IBM, dan lain-lain. 

Duolingo 
Platform belajar ini diluncurkan tahun 2011 dan fokus pada pembelajaran Bahasa, jadi ini sangat cocok bagi kamu yang ingin belajar bahasa asing seperti bahasa arab, inggris, mandari, spanyol dan lainnya. 

Hubspot Academy 
Hubspot Academy platform belajar online ini fokus berisi materi materi untuk dunia bisnis dan karis, seperti materi SEO, Internet Markting, Inbound Marketing, Content Marketing dan sebagainya. 

Lynda.com 
Selanjutnya ada platform bernama Lynda.com platform pembelajaran online asal Amerika yang saat ini sudah diakuisi oleh platform media social LinkedIn menjadi bagian dari LinkedIn Learning. 
Platform ini menyediakan berbagai jenis kelas mulai dari kelas pemrograman, bisnis, fotografi, desain dan lain sebagainya. 

Indonesia Montessori 
Indonesia Montessori adalah platform yang cukup unik dan jarang ada di Indonesia, karena mereka menyediakan kelas edukasi parenting. 

Codecademy 
Platform pembelajaran online asal Amerika Serikat ini fokus menyajikan materi pembelajaran coding seperti HTML & CSS, Python, JavaScript, Java, SQL, Bash/Shell, Ruby, C++, R, C#, PHP, Go, Swift, Kotlin. 

Edx
edX adalah penyedia kursus online terbuka (MOOC) besar Amerika yang dibuat oleh Harvard dan MIT. Ini menyelenggarakan kursus tingkat universitas online dalam berbagai disiplin ilmu untuk badan siswa di seluruh dunia, termasuk beberapa kursus tanpa biaya. 

Alison
ALISON adalah platform pendidikan online gratis yang sebagian besar berfokus pada keterampilan berbasis kompetensi.Didirikan di Galway, Irlandia oleh Mike Feerick 

TEDed
TED-Ed adalah saluran edukasi yang diluncurkan oleh perusahaan media TED dan fokus membuat video pendidikan animasi pendek. Layanan ini memiliki lebih dari 10 juta pelanggan

Skillshare
Skillshare adalah komunitas belajar online Amerika untuk orang-orang yang ingin belajar dari video pendidikan dan didirikan sejak 2010.
 
Pluralsight 
Pluralsight, Inc. adalah perusahaan pendidikan online asal Amerika yang didirikan tahun 2004, platform ini menawarkan berbagai kursus pelatihan video untuk pengembang perangkat lunak, administrator TI, dan profesional kreatif.

Future Learn 
sebuah platform pendidikan digital yang didirikan pada Desember 2012. Perusahaan tersebut dimiliki bersama oleh The Open University dan SEEK Ltd

Khan Academy 
Khan Academy adalah organisasi pendidikan non-profit yang didirikan pada 2006 oleh Salman Khan, lulusan MIT dan Harvard Business School

CreativeLive
CreativeLive adalah platform pendidikan online yang menyiarkan kelas langsung ke audiens internasional. Perusahaan ini memiliki dua kantor pusat di Seattle dan San Francisco, dengan empat studio produksi in-house. Sejak 2010, lebih dari dua miliar menit pengajaran kursus telah ditonton oleh jutaan siswa

Babbel 
Babbel adalah layanan belajar online yang fokus pada pembelajaran bahasa dan tersedia dalam bahasa yang bermacam-macam, layanan ini meluncur sejak bulan Januari 2008.

SitePoint 
SitePoint adalah platform belajar onlinefokus pada pembelajaran pengembang web dan software. Didirikan oleh Mark Harbottle dan Matt Mickiewicz pada tahun 1999, SitePoint ditujukan untuk para profesional web, 

Skillcrush 
Skillcruch adalah layanan online learning yang menyediakan berbagai pilihan kelas seperti coding, digital marketing, desain dan user experience

Udacity 
Udacity, Inc. adalah organisasi pendidikan nirlaba yang didirikan oleh Sebastian Thrun, David Stavens, dan Mike Sokolsky yang menawarkan kursus online terbuka besar

General Assembly
General Assembly adalah layanan pendidikan online yang mengkhususkan diri dalam keterampilan coding, bisnis, data, dan desain. GA menawarkan kursus penuh dan paruh waktu untuk pendaki karier baik di kampus maupun online.

LearnSmart
LearnSmart adalah alat belajar interaktif yang secara adaptif menilai keterampilan dan tingkat pengetahuan siswa untuk melacak topik mana yang telah dikuasai siswa dan yang membutuhkan instruksi dan praktik lebih lanjut.

Academic Earth
Academic Earth adalah tempat penyimpanan situs web kursus tingkat perguruan tinggi online gratis yang disediakan oleh perguruan tinggi dan universitas terkemuka. Organisasi ini didirikan pada 2008 dan berkantor pusat di Houston, Texas.

Coach.me
Coach.me menawarkan aplikasi gratis untuk pembinaan dan pelacakan tujuan. Layanan berbayar hadir dengan akses yang lebih eksklusif ke lebih dari 8.000 pelatih pribadi, termasuk pelatihan kepemimpinan yang dipersonalisasi yang menangani masalah dan tujuan spesifik di tempat kerja Anda.

CreativeLive
CreativeLive menyiarkan kelas langsung secara gratis dengan pakar fotografi, bisnis, desain, kerajinan, dan audio terbaik dunia.

Blog Lainnya

1 Komentar

avatar

1231

23123123

Kirim Komentar

Home
Assessment
Curriculum Vitae
Kelas
Akun