Blog
image

Contoh CV Fresh Graduate Tanpa Pengalaman Kerja

Ditulis oleh : admin
15 June 2021 Pukul 01:06

Membuat CV bagi fresh graduate adalah hal yang menantang. Apalagi jika kandidat pencari kerja belum memiliki pengalaman kerja. Sering muncul keraguan apakah CV yang dibuat tanpa pengalaman akan dilirik oleh HR atau tidak. Jika kamu merasa bingung dalam membuat CV tapi belum ada pengalaman kerja, coba simak artikel ini sekaligus melihat contoh CV fresh graduate tanpa pengalaman kerja yang bisa kamu tiru.

 

Bisakah CV Fresh Graduate Tanpa Pengalaman Menarik Bagi HR?

Kurang pede-nya fresh graduate dalam melamar kerja sering terjadi karena faktor dari dalam, yaitu kurang yakin dengan CV sendiri dikarenakan isinya biasa saja tanpa ada pengalaman kerja. Ditambah faktor eksternal yang secara umum pihak rekruter lebih menyukai kandidat dengan pengalaman kerja. Ini untuk memastikan bahwa kandidat akan mampu memegang tanggung jawab pekerjaan setelah diterima kerja. Sehingga para fresh graduate beranggapan bahwa peluangnya bersaing dengan kandidat berpengalaman menjadi kecil.

Pada beberapa kasus tertentu, ada kalanya pihak rekruter justru mencari kandidat yang tidak banyak pengalaman atau bahkan tanpa pengalaman. Hal ini mungkin saja karena kualifikasi yang dibutuhkan adalah entry-level yang pekerjaannya membantu seniornya atau bisa juga karena perusahaan baru berdiri.

Hal lain yang bisa menjadi sebab CV tanpa pengalaman menjadi menarik dan mampu bersaing dengan yang berpengalaman adalah ketika kandidat tanpa pengalaman mampu memberikan skill atau prestasi yang mampu menggantikan pengalaman kerja. Seperti contoh penghargaan atas prestasi akademik maupun non-akademik. Menulis pengalaman organisasi di CV juga dapat meningkatkan peluang CV akan dilirik oleh HR.

 

Konten Wajib CV Fresh Graduate Tanpa Pengalaman

Untuk mengoptimalkan CV fresh graduate tanpa pengalaman agar lebih menarik, ada baiknya perlu diperhatikan isi CV yang harus ditulis.

1. Data Pribadi Dan Kontak

Ini ada konten CV yang tidak boleh terlewatkan atau bahkan salah ketik. Informasi ini menunjukkan siapa pelamar kerja, bagaimana HR dapat menghubunginya jika tertarik untuk memanggilnya dalam sesi wawancara kerja. Maka pastikan informasi data diri dan kontak ditulis dengan jelas dan profesional, terutama email hindari menggunakan email yang tidak profesional.

2. Deskripsikan Diri Dengan Menarik

Bagian ini berisi ringkasan antara 3 sampai 4 baris yang menggambarkan profil kandidat secara umum. Bagian ini biasanya berisi uraian skill yang dimiliki (baik hard skill maupun soft skill) serta visi kandidat berkaitan dengan pekerjaan yang akan dilamar. Bagian ini menjadi penting karena ibarat sebuah film, maka bagian ini adalah thriller-nya yang akan memikat HR untuk membaca CV kandidat lebih lanjut. Oleh karena itu, inilah pentingnya mempelajari cara membuat deskripsi diri.

3. Riwayat Pendidikan

Riwayat pendidikan juga merupakan hal wajib yang dicantumkan dalam CV tanpa pengalaman. Dengan mengetahui riwayat pendidikan, HR dapat menilai kapasitas seorang kandidat terhadap jenis pekerjaan yang akan diembannya. Jadi meskipun tanpa pengalaman kerja, kesesuaian antara pendidikan yang ditempuh dengan kualifikasi yang dibutuhkan menjadi salah satu tolok ukur penilaian kompetensi kandidat.

4. Skill Dan Capaian

Penting juga dalam CV untuk mencantumkan skill atau capaian yang didapatkan. Terkadang skill atau pengetahuan tertentu tidak didapatkan melalui jenjang pendidikan yang ditempuh. Akan tetapi skill tersebut hanya didapatkan ketika mengikuti pelatihan tertentu maupun workshop mandiri di luar pendidikan formal. Mencantumkan sertifikat pelatihan atau capaian prestasi sebagai bukti juga merupakan hal yang penting.

5. Pengalaman Organisasi

Salah satu pengganti pengalaman kerja adalah pengalaman organisasi. Dengan pengalaman ini, HR dapat mengkonfirmasi skill-skill yang tidak didapatkan dari pendidikan formal. Sehingga penulisan skill (terutama soft skill) akan lebih meyakinkan.

 

Tips Menulis CV Fresh graduate Tanpa Pengalaman

Setelah mengetahui hal-hal yang harus ada pada CV, berikut ini tips menulis CV tanpa pengalaman kerja.

1. Rapi & Mudah Dibaca

Tulis CV dengan rapi, pengkategorian akan membuat CV nyaman dibaca. Perhatikan juga font yang digunakan, usahakan jenis dan ukuran font sesuai serta tidak terlalu banyak mengkombinasikan font.

2. Singkat & Jelas

Isi CV sebaiknya singkat dan jelas, tanpa banyak dekorasi desain yang tidak perlu. Untuk seorang fresh graduate tanpa pengalaman, 1 halaman CV seharusnya sudah cukup untuk menuliskan semua informasi penting.

3. Gunakan Bahasa Baku

Sebagai tulisan resmi, CV wajib menggunakan bahasa baku, atau jika diminta menggunakan bahasa inggris maka pastikan sesuai dengan grammar. Penggunaan bahasa yang tidak tepat akan menjadi penilaian negativ kandidat di mata HR.

4. Info Lengkap Relevan

Cantumkan hanya informasi-informasi yang relevan dengan yang diminta pada info lowongan kerja. Cantumkan informasi relevan tersebut secara lengkap agar rekruter mudah menentukan bahwa pelamar sesuai dengan kriteria atau tidak.

5. Konsistensi Karir

Kandidat yang menempuh pendidikan formal, pelatihan mandiri, kegiatan organisasi maupun yang lainnya yang relevan dengan jenis pekerjaan yang dilamar akan lebih disukai oleh HR. Ini menunjukkan bahwa kandidat memiliki konsistensi terhadap karir yang akan dikejarnya.

 

Contoh CV Fresh Graduate Tanpa Pengalaman

 

Kesimpulan

Dengan adanya contoh CV fresh graduate tanpa pengalaman kerja, semoga kamu menjadi pede membuat lamaran kerja. Fresh graduate tanpa pengalaman bukan tidak bisa membuat CV yang menarik, bahkan bukan tidak mungkin dapat bersaing dengan kandidat berpengalaman. Untuk memudahkan membuat CV menarik kamu bisa gunakan CV Maker Makin Mahir ID secara gratis. Atau konsultasi dengan HR Rekruter untuk mengoptimalkan CV kamu agar peluang mendapatkan pekerjaan lebih terbuka di KelasSiapKerja.

Blog Lainnya

Kirim Komentar

Home
Assessment
Curriculum Vitae
Kelas
Akun