Blog
image

Pelajari Contoh Soal Psikotes Spasial Dan Jawabannya Agar Mudah Lolos Seleksi Kerja

Ditulis oleh : admin
28 October 2021 Pukul 03:38

Psikotes merupakan salah satu tes wajib yang harus dijalani setiap kandidat pencari kerja. Salah Satu di antaranya adalah Psikotes Spasial. Buat kamu, Teman Kerja, yang belum tahu apa itu psikotes spasial, silahkan simak dan pelajari contoh soal psikotes spasial dan jawabannya untuk membantu kamu menjalani seleksi kerja di perusahaan impian.

 

Apa Itu Psikotes Spasial

Menurut KBBI, kata spasial sendiri mempunyai arti hal yang berhubungan dengan ruang atau tempat. Jadi Psikotes Spasial bisa dipahami sebagai salah satu tes psikologi yang berhubungan dengan pemahaman dan visualisasi bangun ruang.

Psikotes spasial lebih menitik beratkan pada pengujian kemampuan seseorang dalam hal pandang ruang, visualisasi bangun ruang (3 dimensi) yang direpresentasikan dalam bidang datar. Bisa berupa pencocokan bentuk, rotasi, pencerminan, penggabungan, maupun bangun ruang kubus.

Psikotes ini sering digunakan pada seleksi penerimaan calon karyawan BUMN.

 

Tujuan Psikotes Spasial

Psikotes Spasial bertujuan untuk mengetahui kemampuan seseorang dalam melihat bangun ruang, memanipulasi potongan-potongan figure dalam ruang, mengetahui tingkat pemahaman dan penalaran pola yang berhubungan dengan bangun ruang.

 

Cara Mengerjakan Psikotes Spasial

Karena karakteristik dari psikotes spasial adalah penalaran dan visualisasi bangun ruang, maka bekal belajar yang perlu disiapkan adalah materi bangun ruang atau dimensi 3 pada pelajaran matematika SMA / SMK.

Di sini lebih diperhatikan tentang kejelian mengamati pola dan detil gambar dimensi 3. Jika kamu diminta meneruskan gambar berikutnya itu artinya gambar bangun ruang yang disajikan memiliki pola tertentu dalam perubahannya. Jika diminta untuk memilih 1 jaring kubus yang cocok dengan kubus pada soal, maka cukup perhatikan detil gambarnya, baik arah dan posisi detil gambarnya.

Untuk lebih jelasnya, langsung saja simak contoh soal berikut ini.

 

Contoh Soal Psikotes Spasial

Inilah 5 contoh soal psikotes spasial yang bisa kamu pelajari. Usahakan jangan scroll ke bawah dan melihat jawaban ya? Agar kamu bisa tahu kemampuanmu sendiri.

  1. Soal 1. Soal ini berhubungan dengan pola perubahan gambar 3 dimensi. Perhatikan pola yang terbentuk lalu jawablah dengan benar!
  2. soal psikotes spasial 1
  3. Soal 2. Soal ini berhubungan dengan menggabungkan gambar sehingga membentuk gambar baru yang lebih mendekati keadaan yang sebenarnya. Perhatikan detil bentuk serpihannya, dan pilihlah satu jawaban yang paling tepat!
  4. soal psikotes spasial 2
  5. Soal 3. Soal ini berhubungan dengan visualisasi ruang bangun kubus. Kamu diminta untuk memahami kubus mana yang dapat dibentuk berdasarkan jaring kubus yang disediakan. Dalam hal ini kamu perlu melihat detil pola gambar pada setiap persegi yang ada, perhatikan arah ujung segitiga, posisi lingkaran dan persegi panjang serta garis silangnya, untuk bisa menjawab dengan tepat.
  6. soal psikotes spasial 3
  7. Soal 4. Soal ini merupakan variasi dari soal sebelumnya. Jika sebelumnya berkaitan dengan bangun kubus maka pada soal ini bentuk bangun ruang yang dilibatkan adalah prisma segilima. Prinsipnya sama dengan soal 3, perhatikan detil gambar pada sisi prisma, dan tentukan gambar mana yang paling sesuai dengan jaring prisma.
  8. soal psikotes spasial 4
  9. Soal 5. Soal ini membutuhkan penalaran bangun ruang yang baik. Kamu diminta mencari kubus yang identik atau setidaknya diduga sama dengan kubus pada soal. Dalam hal ini yang perlu diperhatikan adalah detil pola gambar pada tiap sisi kubus, dan hubungan di antara mereka. Lalu cocokkan hubungan itu pada pilihan jawaban. Tentukan yang paling mendekati berdasarkan hubungan pola gambar tadi.
  10. soal psikotes spasial 5

 

Jawaban Soal Psikotes Spasial

Setelah kamu berusaha menjawab soal-soal di atas, kini saatnya Kinar kasih tahu jawaban dari contoh soal psikotes spasial beserta pembahasannya.

  1. Kalau kamu perhatikan pola yang terjadi adalah dibagian atas kubus terdapat bangun tabung kecil yang setiap pergantian gambar, posisinya berubah bergerak sesuai arah jarum jam. Maka pada gambar keempat seharusnya posisi tabung berada pada sudut kanan depan. Pola lain adalah jumlah lingkaran pada sisi depan kubus yang mengalami pengurangan sebanyak 1 lingkaran. Maka pada gambar keempat jumlah lingkaran menjadi 1. (Jawaban : C)
  2. Kalau kamu perhatikan detil serpihannya, jumlahnya ada 4 serpihan, masing-masing berbentu seperempat lingkaran. Maka jika keempat serpihan digabungkan akan membentuk 1 lingkaran utuh. (Jawaban : B)
  3. Coba perhatikan dengan jeli pola-pola gambar pada masing-masing sisi kubus. Lingkaran hitam berada pada posisi salah satu ujung sisi kubus. Posisi lingkaran ini jika dibandingkan dengan segitiga di bawahnya maka jaraknya jauh, begitu juga dengan persegi panjang di atasnya juga berjarak jauh dan garis silang pada sebelah kirinya juga berjarak jauh. Dengan hubungan pola ini, maka kamu bisa tentukan gambar kubus mana yang lingkarannya berada di salah satu sudut dan jauh dari semua pola yang lainnya. Dan gambar yang mendekati sifat ini adalah gambar C. (Jawaban : C)
  4. Perhatikan pola segitiga pada sisi tegak dan garis lurus pada sisi atas yang membagi segi lima sama luas. Sisi tegak prisma jika dirangkai, maka pola segitiga akan bersebelahan dengan ujung segitiga menghadap arah yang sama. Dari sini ada 2 kemungkinan jawaban yaitu B dan E. Namun pada jawaban E, ternyata garis lurus tidak membagi segi lima sama luas, maka jawaban yang benar adalah B. (Jawaban : B)
  5. Di soal ini juga diuji kejelian melihat pola gambar dan hubungannya. Sekarang lihat titik hitam pada kubus soal. Ternyata titik ini berjauhan dengan segitiga dan pola papan catur. Dan segitiga juga berjauhan dengan warna hitam pada sisi berpola papan catur. Untuk gambar A, titik hitam sudah jauh dengan segitiga, tetapi sayangnya gambar di sisi atas bukan pola papan catur, jadi salah. Gambar B juga salah karena titik hitam berdekatan dengan sisi berpola papan catur. Gambar C juga salah, karena titik hitam berdekatan dengan warna putih pada sisi bergambar segitiga. Untuk Gambar D juga salah, karena pola papan caturnya keliru, seharusnya warna hitam berada di posisi kanan atas dan kiri bawah. (Jawaban : E)

 

Penutup

Itulah tadi contoh soal psikotes spasial dan jawabannya untuk membantu kalian agar dapat lolos seleksi kerja, terutama di BUMN. Tes ini memang banyak digunakan di perusahaan BUMN. Jadi bagi kalian yang bermimpi bisa mendapatkan pekerjaan di BUMN ada baiknya kalian sering-seringlah berlatih tes psikotes spasial.

Selain psikotes spasial, ada juga psikotes kepribadian yang bisa kalian coba secara gratis di makinmahir.id. Caranya cukup buka halaman assessment, lalu login atau daftar akun dulu jika belum punya, dan kalian bisa ambil assessmentnya untuk mengetahui kepribadian kalian masing-masing berdasarkan 16 jenis kepribadian MBTI.

Semoga sukses dan Makin Mahir ya?

Blog Lainnya

Kirim Komentar

Home
Assessment
Curriculum Vitae
Kelas
Akun