Blog
image

Cara Menulis Deskripsi Diri Sendiri Pada CV Dalam Bahasa Inggris Beserta Artinya

Ditulis oleh : admin
03 June 2021 Pukul 03:50

Dalam membuat berkas lamaran kerja, kadang-kadang kamu diminta oleh perusahaan untuk menulis CV dengan bahasa inggris. Salah satu hal yang mungkin bikin kamu bingung adalah ketika harus menulis deskripsi diri sendiri dalam bahasa Inggris atau yang biasa disebut sebagai About Me Section. Karena bingung, biasanya orang hanya menuliskan biodata singkat seperti nama, alamat, umur, no telpon, email dan data-data lain yang ditulis dalam bentuk daftar yang justru membosankan. Padahal, kalau kamu bisa memberikan perkenalan singkat yang sedikit lebih menarik, boleh jadi CV kamu berpeluang untuk dilirik oleh HR. Bagaimana cara menulis deskripsi diri (about me) pada CV berbahasa Inggris? berikut ini tipsnya.

 

Apa Itu Deskripsi Diri

letak-deskripsi-diri-pada-cv
Letak deskripsi diri pada CV

Secara singkat deskripsi diri adalah penggambaran umum pelamar kerja sehingga pihak rekruter mendapatkan informasi awal yang berharga tentang pelamar. Deskripsi diri dikenal dengan sebutan About Me atau Personal Profile. Bagian ini biasanya diletakkan di bagian awal CV (lihat gambar di atas). Pertanyaannya sekarang adalah informasi berharga itu yang seperti apa? Yaitu informasi yang sesuai dengan kriteria calon pekerja yang dibutuhkan dalam lowongan kerja. Jadi tidak perlu menulis penjelasan yang panjang yang tidak relevan dengan kriteria lowongan. Ya se-simple itu saja.

Dalam sekali open rekrutmen calon karyawan baru, bisa jadi HRD akan mendapat puluhan atau bahkan ratusan CV dari pelamar kerja. Untuk perusahaan yang sudah menggunakan ATS Scanner dalam seleksi CV, bisa saja semua CV akan discan secara keseluruhan secara cepat. Namun masalahnya untuk perusahaan yang tidak menggunakan ATS Scanner, mau tidak mau pihak HR akan mengecek CV secara manual satu per satu. Jika demikian, maka tidak mungkin HR akan membaca semua CV yang masuk dari awal hingga selesai. HR tentu akan akan membaca hal terpenting dulu yaitu kesesuaian kriteria pelamar dengan lowongan yang dibutuhkan. Oleh karena itu, penting bagi pelamar kerja untuk menulis bagian about me ini dengan informasi singkat yang menggambarkan kecocokan kriteria pelamar dengan lowongan pekerjaannya.

Itulah alasan menuliskan deskripsi diri sendiri dengan singkat yang sesuai dengan kriteria lowongan pekerjaan dan diletakkan di bagian awal CV.

 

5 Tips Menulis Deskripsi Diri

1. Singkat

Tuliskan about me secara singkat, jelas, dan relevan dengan kriteria lowongan pekerjaan yang dilamar. Menulis about me yang bertele-tele justru akan membuang-buang waktu HR dan berpotensi CV kamu di-skip oleh HR, karena menurut inc.com, rata-rata HR membutuhkan waktu hanya 6 detik untuk memutuskan suatu CV patut dipertimbangkan atau tidak.

2. Jujur

Hindari menulis deskripsi diri yang terkesan melebih-lebihkan diri sendiri. Hal ini akan berakibat fatal yang merugikan diri sendiri hingga menghancurkan reputasi pribadi. HR mempunyai cara tersendiri dalam mengidentifikasi apakah sebuah CV merupakan CV yang ditulis dengan jujur atau berlebihan atau bahkan sarat manipulasi data. Misalkan jika kamu memang lulus kuliah dalam waktu 7 tahun, tuliskan saja apa adanya. Kekurangan itu bisa ditutup dengan suatu pengalaman lain yang kamu dapat sebagai kompensasi lamanya kelulusan.

3. Koreksi Tulisan

Setelah kamu selesai menulis deskripsi diri, pastikan tidak terdapat kesalahan ketik (typo). Caranya bisa dengan membaca ulang deskripsi dirimu dengan keras dan ucapan yang jelas. Sehingga jika ada kesalahan tulis maka kamu bisa segera memperbaikinya. HR dapat menganggap kamu sebagai orang yang kurang teliti jika ada kesalahan dalam penulisan.

4. Perbarui Deskripsi Dirimu

Untuk fresh graduate yang merasa kesulitan mendapat pekerjaan karena alasan tidak punya pengalaman, maka memperbarui deskripsi diri bisa menjadi solusi. Dalam pembaruan ini juga jangan sampai melakukan manipulasi data. Tetap berpengan pada prinsip kejujuran. Jika selama melakukan proses melamar pekerjaan ada peluang untuk kerja freelance tanpa persyaratan yang banyak, peluang ini bisa diambil sebagai bahan pembaruan deskripsi diri dan tambahan pengalaman. Sehingga value diri pelamar kerja akan meningkat dibanding sebelumnya.

5. Gunakan Kata-kata Ini

Menurut callcenterhelper.com, ada 25 kata atau lebih dalam bahasa Inggris yang bisa kamu gunakan untuk mendeskripsikan diri. Beberapa diantaranya adalah kata able (mampu), hardworking (bekerja keras), dependable (dapat diandalkan), energetic (bersemangat), dan lain-lain. Misalkan kata able dapat digunakan untuk menuliskan Im able to handle multiple tasks (Saya mampu menangani beberapa pekerjaan sekaligus ). Penggunaan kata able di sini dinilai lebih tepat daripada menggunakan kata can, karena able menunjukkan sebuah kemampuan atau skill.

 

Contoh About Me Di CV Dalam Bahasa Inggris

Mahasiswa Tingkat Akhir

I am an energetic and hardworking individual with a great passion for transport and logistics industry. I am currently in my last year of studying Bachelor Logistics and Supply Chain Management at Indonesian Business Institute. I have exceptional communication skills which enabling me to effectively communicate with a wide range of people. I am seeing a part-time position in the industry in which I can put into practice of my knowledge, ultimately benefiting the operations of the organization that I work for.

Artinya:

Saya adalah individu yang bersemangat dan pekerja keras dengan hasrat yang besar untuk industri transportasi dan logistik. Saat ini saya berada di tahun terakhir studi Sarjana Logistik dan Manajemen Rantai Pasok di Institut Bisnis Indonesia. Saya memiliki keterampilan komunikasi yang luar biasa yang memungkinkan saya untuk berkomunikasi secara efektif dengan banyak orang. Saya melihat posisi paruh waktu di industri tempat saya dapat mempraktikkan pengetahuan saya, yang pada akhirnya menguntungkan operasi organisasi tempat saya bekerja.

Fresh Graduate

I am a Mathematics Graduate of Majapahit University, passionate about data analysis and statistics. I was an assistant lecturer in the multivariate data analysis course for 2 consecutive years. A highly capable leader, has led several senior class projects to completion. Proficient in a variety of data analysis tools including SPSS, AMOS, R-Software, and Matlab.

Artinya:

Saya seorang Lulusan Matematika Universitas Majapahit, berhasrat tinggi dengan analisis data dan statistik. Saya adalah asisten dosen dalam mata kuliah analisis data multivariat selama 2 tahun berturut-turut. Seorang pemimpin yang berkemampuan tinggi, telah memimpin beberapa proyek kelas senior hingga selesai. Mahir dalam berbagai alat analisis data termasuk SPSS, AMOS, R-Software, dan Matlab.

Berpengalaman

I am a highly competent IT professional with a proven track record in designing websites, networking and managing databases. I have strong technical skills as well as excellent interpersonal skills, enabling me to interact with a wide range of clients. I am eager to be challenged in order to grow and further improve my IT skills. My greatest passion is in life is using my technical know-how to benefit other people and organizations.

Artinya:

Saya seorang profesional IT yang sangat kompeten dengan rekam jejak yang terbukti dalam merancang situs web, membangun jaringan dan mengelola basis data. Saya memiliki keterampilan teknis yang kuat serta keterampilan interpersonal yang sangat baik, memungkinkan saya untuk berinteraksi dengan berbagai klien. Saya sangat menginginkan tantangan untuk tumbuh dan meningkatkan keterampilan IT saya. Semangat terbesar saya dalam hidup adalah menggunakan pengetahuan teknis saya untuk memberi manfaat bagi orang lain dan organisasi.

 

Kesimpulan

Itulah 3 contoh deskripsi diri sendiri dalam bahasa inggris beserta artinya. Semoga dengan 3 contoh tadi yang mencakup deskripsi diri bagi pelajar atau mahasiswa belum lulus, fresh graduate, dan berpengalaman, dapat menjadi referensi kamu dalam menulis about me yang menarik. Luangkan sedikit waktu untuk melatih kemampuanmu menulis deskripsi diri yang menarik agar CV kamu termasuk CV yang sulit ditolak oleh HR manapun. Kalau kamu mau cara cepat membuat winning CV, silahkan download template CV yang telah disediakan Makinmahir.id untuk kamu, GRATIS, dan optimalkan konten CVmu dengan review CV langsung dari HR Rekruter.

Blog Lainnya

Kirim Komentar

Home
Assessment
Curriculum Vitae
Kelas
Akun