Blog
image

Contoh Dan Cara Mempromosikan Diri Di Jobstreet Untuk Fresh Graduate Yang Benar

Ditulis oleh : admin
17 November 2021 Pukul 01:58

Setelah lulus sekolah atau kuliah, siapa sih yang ga mau cepet-cepet dapat kerja? Cara cari lowongan kerja yang paling gampang dan cepat adalah dengan ikut di situs bursa kerja online seperti Jobstreet misalnya.

Saat melamar kerja di Jobstreet, kamu pasti akan diminta oleh sistem untuk mengisi promosi diri dalam maksimal 300 karakter yang bisa menggambarkan dirimu kepada perusahaan yang akan dilamar. Tapi, mungkin ada di antara Teman Kerja sekalian yang masih bingung gimana sih cara mempromosikan diri di jobstreet untuk fresh graduate apalagi yang belum punya pengalaman kerja.

Jangan khawatir, di artikel ini Kinar akan bagi-bagi tips dan contoh untuk kalian cara mempromosikan diri di jobstreet tanpa pengalaman kerja maupun dengan pengalaman kerja / magang. Jadi, simak dan praktekkan tipsnya kalau kalian mau cepet dipanggil wawancara.

 

Tips Cara Mempromosikan Diri Di Jobstreet

Sebelum memulai menulis kalimat promosi diri di Jobstreet, sebaiknya perlu kalian tahu dulu beberapa tips dalam menulis kalimat promosi diri. Karena kalimat promosi diri inilah yang akan menjadi iklannya teman-teman semua, sebelum HRD melihat berkas CV, transkrip, sertifikat, dll. Kalimat deskripsi diri yang baik akan mampu membuat HRD melirik berkas lamaran kamu.

Dan karena jumlah karakter yang sangat terbatas yaitu hanya 300 karater inilah, maka kalian harus pintar-pintar menulis kalimat dengan efektif. Nah, inilah tips cara mempromosikan diri di jobstreet yang benar :

  1. Gunakan Bahasa Yang Baik Dan Benar
  2. Melamar kerja artinya kalian berbicara secara tertulis dengan sebuah institusi resmi. Kalimat promosi diri sudah seharusnya ditulis dengan bahasa formal dan ejaan yang benar. Jika menggunakan bahasa Indonesia maka perhatikan EYDnya. Jika menggunakan bahasa inggris maka perhatikan grammar-nya baik ejaan katanya maupun tenses-nya. Hindari juga typo, meskipun sepele tapi bisa fatal akibatnya.

  3. Tuliskan Skill Yang Relevan Dengan Posisi Yang Dilamar
  4. Di antara sekian banyak informasi data diri kamu, informasi skill inilah yang paling penting dan paling dicari oleh HR. Skill ini bisa berupa soft skill maupun hard skill, lebih bagus lagi keduanya. Tuliskan dengan jelas apa skill yang kamu miliki yang sesuai dengan posisi yang kamu lamar saja dan jangan lupa tingkat penguasaan skillnya. Hal ini akan memudahkan HR menilai kecocokan kamu dengan kriteria yang diminta perusahaan.

  5. Tuliskan Pengalamanmu
  6. Jika ada, menuliskan pengalaman kerja atau magang bisa jadi nilai lebih buat kamu. Dalam menuliskan pengalaman, sebaiknya tuliskan juga capaian kerja di tempat kerja terdahulu, agar HR tahu seberapa baik performa kerja kamu. Tapi jika tidak ada, kalian bisa tuliskan satu saja pengalaman organisasi sebagai ganti pengalaman kerja yang dirasa paling berimpact dan relevan. Jika tidak ada sama sekali, lewati bagian ini, kamu masih bisa bersaing di lowongan entry-level yang tidak butuh pengalaman kerja, atau fokus pada penulisan skill saja.

  7. Hindari Kalimat Umum
  8. Maksudnya kalimat umum adalah kalimat yang tidak menggambarkan sesuatu yang tidak memiliki informasi berharga. Contohnya "Besar harapan saya agar diterima" atau "Saya adalah seorang pekerja keras" atau "Saya akan berusaha berkontribusi di perusahaan". HR profesional sudah terlalu kebal dengan kalimat-kalimat tadi.

 

Contoh Cara Mempromosikan Diri Di Jobstreet

Untuk lebih jelasnya tentang cara mempromosikan diri di jobstreet untuk fresh graduate, ada baiknya kalian perhatikan contoh kata-kata promosi diri di bawah ini:

Contoh Cara Mempromosikan Diri Di Jobstreet Untuk Lulusan Baru

Untuk lulusan baru tanpa pengalaman kerja:

contoh cara mempromosikan diri di jonbstreet untuk lulusan baru tanpa pengalaman kerja

"Saya lulusan baru S1 Sastra Indonesia. Memiliki kemampuan Bahasa Indonesia yang sangat baik secara lisan maupun tulisan serta kemampuan proofreading. Saya juga bisa mengetik 120 kata per menit, memiliki kemampuan jurnalistik yang memadahi, serta pengalaman di UKM Fotografi kampus selama 2 tahun"

Untuk lulusan baru dengan pengalaman kerja / magang / freelance:

contoh cara mempromosikan diri di jobstreet untuk lulusan baru dengan pengalaman kerja

"Saya lulusan baru S1 Sastra Indonesia. Memiliki kemampuan Bahasa Indonesia yang sangat baik secara lisan maupun tulisan. Saya juga bisa mengetik 120 kata per menit, memiliki kemampuan jurnalistik yang memadahi, serta pengalaman Freelance Fotografer portal berita online selama 1 tahun"

Contoh Cara Mempromosikan Diri Di Jobstreet Untuk Lulusan SMK
contoh cara mempromosikan diri di jobstreet untuk lulusan smk

"Saya Lulusan SMK Pemasaran yang mempunyai pengalaman magang selama empat bulan di PT Indo Market. Saya memiliki kemampuan public speaking dan presentasi yang cukup memadahi untuk melakukan promosi produk dari perusahaan. Tentunya, saya juga bisa bekerja secara individu maupun tim."

Contoh Cara Mempromosikan Diri Di Jobstreet Sebagai Operator Produksi
contoh cara mempromosikan diri di jobstreet

"Saya Lulusan SMK Otomotif. Memiliki pengalaman magang enam bulan sebagai operator mesin perakitan body mobil di PT Armada, kemampuan komputer MS Office untuk menyusun laporan, serta ketelitian dalam bekerja sehingga mampu menjaga keselamatan kerja bagi diri sendiri maupun orang lain."

Contoh Cara Mempromosikan Diri Di Jobstreet Dalam Bahasa Inggris

"A highly competent IT professional with a proven track record in designing websites, networking and managing databases. I have strong technical skills as well as excellent communication skills, enabling me to interact with a wide range of clients. I also mastering PHP, Python, html & CSS as well."

 

Penutup

Nah, dengan beberapa tips dan contoh cara mempromosikan diri di Jobstreet untuk fresh graduate tadi, sekarang kalian tidak perlu bingung lagi membuat kalimat promosi diri di jobstreet ketika melamar kerja. Dengan promosi diri yang singkat tapi menarik di mata HR ini, peluang kamu dipanggil wawancara juga akan semakin meningkat.

Selain kalimat promosi diri, kalian juga perlu membuat CV yang menarik kan? Untuk itulah Makin Mahir ID telah menyediakan layanan pembuatan CV online gratis buat kamu yang ingin membuat CV menarik secara cepat.

Kamu juga bisa tanya-jawab sama HR Rekruter langsung tentang CV yang udah kamu buat. Caranya daftar dulu gratis, lalu ikuti segmen Bedah Dunia Kerja (Beduk) di channel Youtube Makin Mahir ID live setiap senin jam 4 sore. Jangan lewatkan kesempatan emas ini ya? Siapa tahu HR profesional akan mereview CV kamu.

Blog Lainnya

Kirim Komentar

Home
Assessment
Curriculum Vitae
Kelas
Akun